My Sosial Media

Kisah Pertama jadi Seorang Mahasiswa


                
Malam ini entah setan apa yang mengajakku buat nonton filmnya Raditya Dika yang judulnya “Manusia Setengah Salmon” awalnya sih saya masih bingung apa arti dari film ini, soalnya dari film-film Raditya Dika yang sebelum-sebelumnya saya  palingan ketawa-ketawa dan ngerasa terhibur saat nonton filmnya, tapi kali ini yang saya rasakan adalah hal yang berbeda dari film-film Dika sebelumnya, emang sih awal mulai filmnya saya Cuma ngerasa terhibur seperti biasanya, tapi pas filmnya mulai memasuki ending cerita. saya merasakan  hal yang berbeda.  mungkin banyak yang heran kenapa saya bilang kalau saya ngerasain hal yang berbeda, Jawapan saya simple, karna ceritanya hampir sama dengan apa yang saya alami saat ini  yaitu “PERPINDAHAN” .
Manusia setengah salmon
                Saya baru saja ngalamin perpindahan dari yang dulunya Siswa kini  saya telah menjadi seorang Mahasiswa, dan tentunya perpindahan ini juga membuat saya harus meninggalkan kebiasaan lama saya dan beralih ke hal-hal baru dalam hidup saya. Tapi pindah yang saya maksud kali ini berbeda dari biasanya , soalnya inilah pertama kalinya dalam hidup saya, saya pisah dengan orang tua,ditambah lagi putus sama pacar saya yang ke-4 disaat saya mulai sayang sama dia dan ini jugalah pertama kalinya saya harus belajar hemat.
                Masa-masa awal saya jadi seorang mahasiswa di UPI “YPTK” Padang ( Universitas Putra Indonesia ) bukan hal yang mudah, karna satu minggu pertama saya di Kota padang saya belum tau apa-apa, dan parahnya lagi sudah sering saya lewat dan bolak-balik sana-sini, mungkin sudah  satu kota padang yang saya jelalajahi pakai sepeda motor bersama senior saya. Tapi pas saya mencoba pergi sendiri tanpa ditemani, saya hapir saja salah jalan, padahal Cuma jemput kawan nasi, itu pun jaraknya gak terlalu jauh dari ko-zan pertama saya, kira-kira 1 km lah tapi jalannya  banyak persimpangan dan hal itu membuat saya sering ragu, sampai-sampai awal masuk kampus saya masih dianterin ke kampus sama senior dan sorenya dijemput lagi soalnya saya gak kuat kalau naik angkot.
                Memasuki hari ke-3 ngampus plus hari pertama dimulainya perkuliahan plus lagi masalah pertama saya dikampus. tapi ada satu hal yang gak enak, ya.. masalah pertama saya dikampus itulah hal paling menyebalkan pertama yang saya rasain ditambah lagi saya gak bisa mengikuti perkuliah pertama saya, “ mahasiswa baru udah langsung kenak masalah, mau jadi apa kamu ? “ mungkin itu yang ada dibenak dosen pembimbing jurusan pas liat muka saya, dan pastinya teman-teman semua udah pada bisa nebak  apa yang terjadi sama saya diruang “Sekretariat”, ya saya dimarahin, padahal masalah saya sebenarnya bukan termasuk hal yang  perlu dipermasalahin sama dosen kalau mereka  mikirin status saya yang masih mahasiswa baru dan masih dalam tahap perkenalan.  Dan anehnya lagi hal yang saya lakukan dan mereka kategorikan sebagai  kesalahan saya tersebut adalah "gara-gara saya ketawa pas renungan ESQ" . Teman-teman pasti bisa bayangin, Cuma gara-gara ketawa efeknya saya ketinggalan 3 mata kuliah plus tiga-tiganya saya absen dan jatah saya otomatis berkurang tiga, padahal itu baru awal perkuliahan, gimana saya gak sebel.

                Hari kelima saya dikampus, saya sudah mengikuti perkuliah seperti mahasiswa pada umumnya, dan masalah sayapun sudah selesai walaupun nama saya  harus tertulis dibuku kasus, ya…. mau gimana lagi diteriama aja  dan ambil aja pelajaran dari kejadian itu.

                Hari ke-6 saya Gampus dan hari pertama saya bawa motor sendiri ke kampus, rasanya gimana-gimana gitu.

                Satu bulan saya jadi seorang mahasiswa saya mulai ngerasa bosan, tak ada kegiatan, dan teman belum seberapa plus belum akraf.

                Tanpa terasa 2,5 bulan telah berlalu dan saya belum juga ngerasa nyaman, rasa malas juga sering menghantui saya saat berangkat ke kampus dan sayapun mulai suka bolos walaupun Cuma beberapa kali sih, dan rasa malas itu datang gara-gara jarak yang lumayan jauh dari koz ke kampus kira-kira 7 km-lah belum lagi kalau macet bisa setengah jam dijalan.

                Masuk tiga bulan jadi Mahasiswa sayapun memutuskan  untuk  pindah koz dan berharap saya bisa lebih semangat, namun yang saya rasain masih seperti biasa jenuh dan terasa bosan karna saya belum terbiasa dengan lingkungan baru saya dan saya juga belum bisa bahasa minang, dan saya juga menyadari  problem pertama  saya adalah bahasa.

                Dua minggu saya dikoz baru saya mulai terbiasa dengan lingkungan baru saya a dan sayapun sudah mulai dikenal orang banyak. Tapi hal yang terus saya rasakan yaitu saya gak bisa nyaman, hingga malam ini inipun saya belum terlalu merasa nyaman dan masing sering ingat masa lalu dan ingin sekali rasanya pulan kampung. Karna tidak ada kerjaan sayapun  putusin buat nonton filmnya Raditya Dika, dan disinilah semangat saya mulai tubuh lagi. kenapa saya bilang tumbuh lagi? Karna setelah selesai nonton film “Manusia setengah Salmon” saya jadi tau apa arti dari perpindahan, Mulai dari teman-teman baru, saya harus bisa menerima teman-teman saya yang sekarang dan bukan berarti saya melupakan teman-teman saya yang dulu. terus lingkungan baru saya, terus hal-hal baru saya yang lainnya. Dan sayapun mulai menyadari  kalau perpindahan itu sebenarnya indah karna kita akan bertemu banya hal yang baru dan pastinya hati yang baru ( kalau ada sih hehe..)
Kisah pertama jadi mahasiswa

 saya harus menulis hal-hal baru dilembaran kisah saya yang masih kosong karna inilah saatnya saya kembali berbagi dan memberi arti pada orang-orang baru disekeliling saya dan intinya saya harus MOVE ON dan membuka mata untuk kehidupan saya selanjutnya yang kuharap akan lebih indah dari sebelumnya!

Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin......





2 Komentar untuk "Kisah Pertama jadi Seorang Mahasiswa"

  1. Bener banget kk. aku juga sering bingung dan bosan saat awal-awal mengikuti perkuliahan. Tapi setelah beberapa waktu yang lama saya mulai nyaman dan menikmati kehidupan saya yang sekarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Tuliskan sesuatu Sob di kolom komentar ! ;D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel