My Sosial Media

Cara mudah Mematikan otomatis update Windows 10

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh sobat abduhm7.com,  Pada kesempatan ini Aku akan berbagi tutorial tentang cara mematikan update otomatis pada windows 10. Mungkin dalam benak sobat semua terbesit pertanyaan, kok update otomatis windows 10 nya dimatikan? Bukankah update itu perlu ya sob untuk windows kita? Dan pertanyaan lain yang masih bersaudara erat dengan pertanyaan yang Aku sebutkan.
Mematikan Update Otomatis Windows 10
Mematikan Update Otomatis Windows 10
Untuk menjawap pertanyaan tersebut, Aku akan menceritakan sedikit pengalamanku saat update otomatis windows 10 yang terinstal pada laptopku masih aktif. Ceritanya dimulai dari hari pertama windows 10 tersebut terinstal pada laptop kesayanganku, dan windows 10 yang Aku install adalah windows 10 pro anniversary update, setelah windows tersebut terinstal pada laptopku, Akupun langsung connect ke internet dan mulai berselancar di dunia maya, saat sedang asik-asiknya berinternet ria Aku merasakan adanya keanehan pada koneksi internet yang Aku gunakan terasa cukup lelet, untuk sekedar bertanya pada mbah google saja Aku harus menunggu beberapa saat agar hasil pencarianku tampil di layar monitor, namun Aku tetap berprasangka baik, dan setelah Aku menunggu sekitar satu jam lebih masih tetap seperti itu, disini-lah kesabaranku mulai habis, Aku langsung cek kecepatan internet yang Aku terima, dan Aku melihat tidak ada masalah, Aku mulai berpikir sepertinya ada yang salah dengan laptopku, tanpa pikir panjang Aku langsung cek halaman windows update. Pada halaman windows update Aku melihat windows sedang melakukan downloading yang sudah mencapai 99% jadi Aku biarkan saja karna 1% lagi proses download akan selesai, lalu selang beberapa saat kemudian windows meminta restar untuk menginstal update tersebut.

Setelah proses intalasi update selesai, Aku kembali berselancar didunia maya dengan koneksi yang cukup stabil sampai tanpa sadar Aku tertidur dalam keadaan laptop masih menyala dan terhubung ke internet. Saat terbangun, Aku melihat jam sudah menunjukkan pukul 10:00 WIB, setelah selesai mandi, Aku coba cek pemakain internetku karna dari semalam belum pernah dimatikan, dan betapa terkejutnya Aku saat melihat kouta yang terpakai 17 GB lebih dan dibawah ini adalah screen shot pemakain internetku dalam waktu 08:30:13 ( Delapan Jam tiga puluh menit tiga belas detik).
Screenshot Pemakaian Internet
Screenshot Pemakaian Internet
Aku kembali berpikir apa sebenarnya yang dilakukan windows sehingga dalam waktu 08:30:13 mampu menghabiskan kouta Internetku sampai 17 GB lebih?? Dan untuk menjawap pertanyaan tersebut Aku kembali mengunjungi mbah google, dan setelah Aku mampir ke berbagai warungnya mbah google Aku mendapatkan kesimpulan kira-kira seperti ini.

Alasan mengapa windows 10 menguras kouta internermu:
  • Windows 10 menggunakan teknologi Cloud yang digunakan untuk menyimpan data penggunanya menggunakan akses internet, contoh OneDrive.
  • Seperti Windows yang lainnya, Windows 10 mengupdate firmware secara otomatis menggunakan koneksi internet.
  • Teknologi update yang menggunakan koneksi P2P (Peer to Peer). Alasan Microsoft menggunakan metode P2P (peer to Peer) ini karna untuk menyediakan source download yang besar untuk didownload jutaan pengguna tentu menjadi beban bagi microsoft. Untuk mengakalinya maka diciptakanlah layanan peer-to-peer (torrent), yakni fitur yang mengijinkan pengguna Windows 10 untuk mendownload file dari pengguna Windows 10 lainnya di seluruh dunia.

Jadi intinya fitur yang dinamakan Windows Update Delivery Optimization (WUDP) ini, membuat pengguna Windows 10 saling berbagi file update Windows yang sudah terdownload di PC.

Keuntungannnya, kita bisa mendownload update windows secara lebih cepat tanpa harus bergantung pada server Microsoft.

Namun, kelemahannya sudah bisa ditebak, fitur ini tentu membutuhkan bandwidth yang besar. Bagi orang yang menggunakan koneksi internet dengan kuota, hampir dipastikan kuota kamu akan habis tanpa disadari, sebab fitur WUDO ini dijalankan secara default. Dan setelah Aku telusuri fitur WUDO ini jugalah yang menyebabkan kouta internet yang Aku gunakan terpakai sampai 17 GB lebih dalam waktu 08:30:13 dimana Aku melihat pada riwayat pemakaian kouta hampir 8 GB kouta yang digunakan untuk upload data.

Setelah mengetahui penyebabnya sekarang kita masuk pada bagian paling penting dari artikel ini yaitu cara mematikan update otomatis pada windows 10. Karna setting untuk mematikan update otomatis pada windows 10 sudah dihilangkan oleh pihak Microsoft, jadi kita harus mencari cara lain untuk mematikannya, sebenarnya ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mematikan update otomatis tersebut.

Mematikan windows update secara manual.

Cara ini menurutku terlalu ribet untuk diterapkan karena banyak hal yang perlu sobat lakukan diataranya:
  • mengaktifkan Metered Connection
  • mematikan Cloud-based Protection dan Sample submission pada Windows Defender
  • mematikan sinkronisasi pengaturan
  • dan mematikan Automatic App Updates

Cara ini sudah pernah Aku terapkan pada laptopku, namun hasilnya tidak maksimal, karna windows masih melakukan update walaupun bukan dalam ukuran yang besar, jadi intinya cara pertama ini tidak benar-benar mematikan windows update pada laptop sobat, melainkan hanya menghemat kouta internet yang dipakai windows untuk melakukan update, karna pengaturan diatas telah melarang windows melakukan update dalam ukuran yang besar.

Mematikan Windows update dengan bantuan CMD.

Cara inilah yang sekarang Aku terapkan pada laptop kesayanganku, dan cara ini benar-benar ampuh dalam mematikan update otomatis pada windows 10.

Download dulu softwarenya dengan cara Klik Disini (ukuran kecil Cuma 4 KB) atau klik DOWNLOAD 

Sobat akan diarahkan secara otomatis ke halaman download seperti gambar dibawah ini.
Halaman Download
Halaman Download
Setelah sobat klik DOWNLOAD maka Sobat akan diarahkan ke halaman seperti pada gambar diatas. Pada halaman tersebut, sobat klik pada arah panah ke bawah  warna putih di sudut kanan atas (Pada gambar saya tandai dengan Arah panah dan lingkaran warna merah).

Setelah file tersebut terdownload, Silahkan sobat buka file rar dengan cara klik dua kali.
Buka file Rar yang sudah sobat download
Buka file Rar yang sudah sobat download
Setelah jendelan winrar terbuka, silahkan sobat klik dua kali file dengan nama mematikan-update-otomatis-win10.
Gak perlu di-Extract, Langsung klik 2x saja Sob.
Maka akan muncul kotak dialog, sobat klik saja YES, maka secara otomatis jendela CMD akan terbuka seperti gambar dibawah ini.
Halaman CMD
Halaman CMD
Dalam jendela CMD tersebut disebutkan “Otomatis Update saat ini sedang diaktifkan/enabled. Apakah Anda ingin disable/menonaktifkan otomatis update windows? ketik: Y atau N”
Sobat ketik saja huruf “Y” untuk mematikan Otomatis Update. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.
Tekan Huruf "Y" pada Keyboard
Tekan Huruf "Y" pada Keyboard
Setelah itu sobat tekan saja Enter untuk keluar dari jendela CMD. Dan otomatis update pada windows 10 yang sobat gunakan sudah resmi dimatikan, Congrat!!
Tekan Enter untuk keluar
Tekan Enter untuk keluar
Jika sobat ingin mengaktifkan kembali otomatis update pada windows 10 yang sobat gunakan, silahkan sobat ulangi cara yang Aku jelaskan diatas.

Sekian tutorial tentang cara mematikan otomatis update windows 10, Semoga artikel ini bermanfaat dan membatu menyelesaikan permasalahan sobat!

Jika link download bermasalah atau ada yang kurang jelas dengan tutorial ini, silahkan sobat tinggalkan jejak di kolom komentar.

"Seorang pembaca yang baik adalah pembaca yang meniggalkan jejak berupa komentar, kritikan atau masukan yang membangun untuk penulis ! ;D "

3 Komentar untuk "Cara mudah Mematikan otomatis update Windows 10"

Tuliskan sesuatu Sob di kolom komentar ! ;D

Kontributor

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel