My Sosial Media

Cara menginstal Windows 10 dengan Flashdisk (Lengkap + Gambar + Vidio Tutorial)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh sobat abduhm7.com, Pada kesempatan kali ini Aku ingin berbagi sebuah tutorial tentang cara menginstal Windows 10 dengan Flashdisk (Lengkap + Gambar + Vidio Tutorial). Tapi sebelum kita masuk ke tutorialnya, Sobat semua sudah tahu apa itu windows 10 ? Buat yang belum tahu Aku akan memberi sedikit penjelasan tentang apa itu windows 10.
Tampilan Windows 10
Tampilan windows 10 Source: Google.com
Windows 10 merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dirilis pada 29 Juli 2015 dan pada November 2015, Threshold 2 dari Windows 10 (v10.0.10586) dirilis ke publik.

Pertama diperkenalkan pada bulan April 2014 pada Konferensi Build, Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh (seperti komputer meja dan laptop), termasuk
kebangkitan menu Mulai yang terlihat di Windows 7, sistem desktop maya, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Bursa Windows dalam jendela pada desktop pada modus layar penuh. "dikutip dari laman wikipedia".

Dari pengertian diatas Aku harap sobat sudah paham apa itu windows 10, buat yang masih bingung Aku akan memberikan sedikit tambahan untuk lebih memperjelas apa itu windows 10. Windows 10 merupakan system operasi yang berfungsi untuk menjalankan berbagai macam aplikasi untuk memudahkan pekerjaan kita, sama halnya dengan android pada smartphone. Jadi intinya tanpa adanya system operasi (OS) laptop ataupun komputer yang kita miliki tidak akan ada artinya (Kecuali kita paham bagaimana cara menjalankan OS DOS).

Semoga dengan penjelasan diatas sobat bisa paham apa itu windows 10. Sekarang kita lanjut ke cara menginstalnya, karena Aku yakin hampir 90% dari sobat yang membaca artikel ini adalah orang yang ingin tau tentang cara menginstal windows 10 pada laptop kesayangannya. Tapi sebelumnya sobat harus tau dulu apa-apa saja bahan yang sobat butuhkan agar proses intalasinya berjalan dengan lancar.

Sekedar informasi untuk sobat semua, windows itu memiliki dua versi, ada yang versi 32 bit dan 64 bit dan untuk perbedaan secara umum adalah pada kecepatan proses dan aplikasi yang support dan jelas disini versi 64 bit lebih unggul. dan untuk perbedaan yang lebih lengkap antara kedua versi tersebut silahkan sobat cek di google dengan kata kunci perbedaan antara windows 32 bit dan 64 bit.

Adapun spesifikasi minimum untuk menjalankan windows 10 adalah sebagai berikut:
  • Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster
  • RAM: 1 gigabyte (GB)
  • Free hard disk space: 16 GB
  • Graphics card: Microsoft DirectX 9 graphics device with WDDM driver A Microsoft account and Internet access. "dikutip dari laman microsoft."

Bahan-bahan yang sobat butuhkan untuk menginstal Windows 10:

Master windows 10

Master windows 10 adalah hal pertama yang harus sobat siapkan, karena software inilah yang nantinya akan kita install, bagi sobat yang belum memilikinya saya sarankan agar mendownloadnya terlebih dahulu atau sobat mintak terlebih dahulu pada teman yang memilikinya. (Saranku usahakan beli Lisensinya ya Sob).

Rufus

Rufus adalah utilitas yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dll. (Silahkan sobat download di situs resmi Rufus, klik https://rufus.ie/en_IE.html ).

Flashdisk

Sobat semua tahukan apa itu flashdisk, benda yang kecil itu lho, yang biasa sobat gunakan buat ngopy film (kenapa Aku katakana untuk mengopy film?? Karna dari yang Aku perhatikan rata-rata para pemilik flashdisk lebih banyak memamfaatkan flasdisk untuk mengopy film, Terutama yang cewek para K-POP Opss..). Bagi sobat yang belum tau apa itu flashdisk Aku akan memberikan sedikit penjelasan tentang pengertian dari flashdisk.
Ilustrasi Flashdisk
Ilustrasi Flashdisk Source: google.com
Flash Disk adalah alat penyimpan data/file yang berupa NAND. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non–volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk.

Laptop atau Komputer

Ilustrasi Laptop, Komputer, dan Tablet
Ilustrasi Laptop, Komputer, dan Tablet Source google.com
Menurut Aku sih gak lucu banget kalau sampai sobat gak tau apa itu laptop, tapi agar tulisan ini lebih komplit Aku akan memberikan sedikit penjelasan tentang pengertian dari laptop.

Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak (yang dapat dibawa) yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1–6 kg, tergantung pada ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut.

Setelah bicara kesana kemari saatnya kita lanjut pada bagian terpenting dari artikel ini, yaitu cara menginstalnya.

Cara Menginstall

Pertama, yang harus sobat lakukan adalah membootable master windows 10 yang tadi sudah sobat siapkan kedalam flashdisk, caranya sobat jalankan aplikasi rufus, selanjutnya colokkan flashdisk yang akan akan dijadikan tempat pembootable-an master windows 10 tadi, tapi sebelum melakukan tahap ini, jika sobat memiliki data penting dalam flashdisk, Aku sarankan agar sobat membackup-nya terlebih dahulu (memindahkan isi flashdisk ke tempat yang aman) karena tahap ini otomatis akan memformat flashdisk yang sobat gunakan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
Tampilan Rufus
Tampilan Rufus
Sekarang yang perlu sobat lakukan adalah memasukan file iso master windows 10 yang akan kita bootable, caranya dengan mengklik bagian yang saya tandai dengan lingkaran hitam pada gambar diatas, makan akan otomatis muncul halaman file explore, silahkan sobat cari file master windowsnya, jika sudah, silahkan sobat klik filenya dan klik open. Selanjutnya sobat klik start pada aplikasi rufus, maka akan muncul halaman peringatan, sobat klik saja ok. Maka proses pembootable-an akan berjalan dan yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah menunggu prosesnya selesai sampai 100%.

Setelah prosesnya selesai akan di tandai dengan tulisan ready dibawah proses bar yang berwarna biru pada aplikasi rufus.

Sekarang kita lanjut ke tahap selanjutnya yaitu tahap instalasi, caranya sobat colokkan flashdisk yang sudah di bootable windows 10 ke laptop yang akan di eksekusi (diinstal), setelah itu sobat restar atau hidupkan laptop yang akan di install dengan menekan tombol power dan langsung saja sobat tekan dan tahan tombol F2 di keyboard sampai muncul tampilan bios (Cara masuk ke bios dari beberapa merek laptop bisa saja berbeda, silahkan sobat cari saja di google cara masuk bios laptop merek A atau B).
Tampilan Bios
Tampilan Bios
Selanjutnya di dalam jendela BIOS sobat pilih Boot dengan menekan arah pada keyboard, pada menu Boot sobat pilih nama flashdisk sobat dan geser ke posisi paling atas (posisi 1) dengan cara menekan (sesuaikan dengan laptop sobat, karna untuk memindahkannya setiap laptop memiliki tombol yang berbeda, jika sobat tidak mengetahuinya sobat lihat saja di samping kanan "Pada gambar Aku tandai dengan kotak dan arah panah", disitu ada petunjuk pengoprasian Bios) karna Aku menggunakan laptop ASUS jadi Aku memindahkan menggunkan tombol Shift dan tambah (+) pada keyboard setelah nama flashdisk sobat berada di posisi paling atas sobat save dengan cara menekan F10 pada keyboard lalu pilih OK.

Selanjutnya laptop sobat akan memulai secara otomatis, pada saat sobat melihat monitor laptop sobat hitam dan disudut kiri atas ada tulisan yang berkedip-kedip langsung saja sobat tekan Enter maka secara otomatis sobat akan di arahkan ke peoses instalasi.

Selanjutnya akan muncul pilihan Bahasa dan sebagainya, sobat pilih saja Bahasa inggris dan klik Next.
Klik Next saja sob
Klik Next saja sob
Selanjutnya klik Install Now.
Klik Install Now
Klik Install Now
Selanjutnya akan muncul halaman perjanjian dengan pihak Microsoft selaku pembuat system operasi windows, Disini sobat klik saja pada bagian kotak kecil disamping kiri yang bertulisan “ I accept the license terms” lalu Klik Next.
I accept the license terms
Ceklis "I accept the license terms" Lalu Klik Next
Selanjutnya akan muncul 2 pilihan, yang pertama Upgrate dan yang kedua Custom, sobat klik saja pada bagian Custom. Setelah itu akan muncul partisi dari laptop sobat.
Pilih Custom
Pilih Custom
Selanjutnya akan muncul tampilan pengaturan partisi hardisk.
Tapilan saat mengatur dan membagi partition
Tapilan saat mengatur dan membagi partition
Dari gambar diatas sobat bisa melihat partition 1 sebagai system Resever dan partition 2 debagai primary, dan partition 2 primary ini adalah Drive C pada laptop sobat, jika sobat melihat partition 3, 4 dan seterusnya berarrti itu adalah partisi D, E dan seterusnya. Tergantung jumlah drive yang diatur pada saat pertama kali install Laptop.

Opsi 1 : Jika sobat ingin menghapus seluruh isi dari hardisk sobat baik itu C,D, dan E sobat pilih saja partision 1 lalu klik delete, selanjutnya pilih partisan 2 lalu klik delete dan seterusnya (tergantung dari jumlah partisi yang sobat bagi saat pertama kali install laptop, setelah sobat delete semua partisi. Selanjutnya kita akan kembali membagi hardisk sobat dengan cara klik pada partisi yang tertinggal ( biasanya setelah sobat menghapus (Delete) semua partisi maka akan terbentuk 1 partisi gabungan dari seluruh partisi yang tadi sudah sobat hapus).
Tampilan membagi partition
Tampilan membagi partition
Sobat klik pada partisi tersebut lalu klik New Lalu tentukan besar partition yang ingin dibagi pada Size, Lalu klik Apply, maka akan terbentuk satu partisi baru. Jika sobat ingin membagi partition lagi menjadi tiga bagian silahkan sobat klik pada partition 2 lalu klik New dan klik Apply, maka akan terbentuk satu partisi lagi dengan nama Partition 3, dan seterusnya (tergantung berapa banyak partisi yang ingin sobat buat).

Opsi 2 : Namun, jika sobat memiliki data penting di Drive D ataupun E dan sebagainya, dan sobat tidak ingin menghapusnya, yang perlu sobat lakukan hanyalah Fokus pada partition 1 System Resever lalu klik selanjutnya Delete dan lanjut ke partition 2 Primary klik lalu Delete. Selanjutnya klik pada partition 1 lalu klik New dan OK untuk membuat system Resever baru.

Selanjutnya baik opsi pertama ataupun opsi kedua diatas, yang harus sobat lakukan selanjutnya adalah klik pada partition 2 primary (Jika tidak ada pilihan partition 1 System Resever, Maka sobat pilih Partition 1 Primary) lalu klik Next. 
Menunggu proses instalasi, Pantengin saja sob sampai selesai
Menunggu proses instalasi, Pantengin saja sob sampai selesai
Sobat tunggu saja proses instalasi berjalan yang akan memakan waktu kurang lebih ½ Jam. Dan nanti setelah proses selesai maka laptop akan merestar secara otomatis. 
Klik saja Restart Now
Klik saja Restart Now
Pada saat laptop sobat melakukan restar, silahkan sobat cabut flashdisk yang tercolok pada laptop ataupun komputer yang sedang sobat install.

Setelah laptop kembali hidup maka akan mucul seperti gambar dibawah ini.
Klik use express settings
Klik use express settings
Sobat klik saja pada “Use Express Setting” maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
Silahkan sobat buat Username ( terserah sobat mau menulis apa atau untuk lebih mudahnya tulis saja nama sobat), dan untuk password sebaiknya di kosongkan saja. 
Buat nama sobat, Kosongkan Password lalu klik next
Buat nama sobat, Kosongkan Password lalu klik next
Selanjutnya silahkan sobat tunggu prosesnya selesai dan muncul tampilan seperti dibawah ini.
Tampilan awal windows 10
Tampilan ini setelah Aku ganti walpaper ya sob. jadi walpaper yang mucul di laptop sobat tidak akan seperti gambar ini, Intinya kalau sobat sudah sampai pada tampilan seperti ini, berarti proses instalasinya sudah selesai.
Dan proses install ulang windows 10 telah selesai, selanjutnya silahkan sobat install driver laptop sobat ( CD yang ada dalam kardus laptop sobat) dan install juga aplikasi yang sobat butuhkan, seperti Browser, Office, Pemutar Vidio, Pemutar Musik, dan sebagainya.

Jika tutorial tulisan yang Aku berikan sulit untuk dipahami, silahkan sobat tonton Vidio dibawah ini.

Atau silahkan sobat klik link berikut ini untuk menontonnya di Youtube https://www.youtube.com/watch?v=u4t0mD387YQ

Sekian Tutorial Cara Install windows 10. Jika ada yang kurang jelas atau kurang paham silahkan sobat tinggalkan jejak sobat di kolom komentar.

"Seorang pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan kritik dan saran yang membangun untuk si penulis."

Salam #abduhm7

3 Komentar untuk "Cara menginstal Windows 10 dengan Flashdisk (Lengkap + Gambar + Vidio Tutorial)"

  1. Mantap tutorialnyo sob. Tutorial Install ulang windows 10 paling komplit yang pernah gua baca.
    Keren.

    BalasHapus
  2. Ini pendapat pribadi. Aku bukan orang yang melek teknologi,juga gak paham gimana cara install ulang laptopku. tapi setelah aku baca tutorial ini, Kalau kita udah punya bahan-bahan untuk proses instalasinya, sepertinya tidak terlalu sulit. Next Time kyknya boleh di coba ni kak.
    Bermanfaat sekali kak. ;D ckckckck..

    BalasHapus
  3. Jujur aja, sebenarnya Aku kesasar buat baca artikel ini, Sebelumnya aku lgi asyik bca artikel mitos ataya fakta batrai laptop. Truz di bwah artikel muncul tulisan bca jga, Truz ada judul artikel ini, Langsung aja aku klik (Aku gak pengen nginstal lo hahaha..) Tapi karna di akhir artikel ini ada tulisan "seorang pembaca yg baik adalh yg membrkan kritik dan saran yang membangun. Truz. jangan lupa tinggalin jejak di kolom komentar.
    Makanya aku komen kyk gni sob. hahahaha..
    Apakah aku sudah menjadi pembaca yang baik sob? ;)

    BalasHapus

Tuliskan sesuatu Sob di kolom komentar ! ;D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel