My Sosial Media

Cara Mengatasi dan Mengembalikan isi Flashdisk menjadi Shortcut

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo sobat abduhm7.com, Pada kesempatan Kali ini Aku akan berbagi Tutorial tentang Cara Mengatasi dan Mengembalikan isi Flashdisk menjadi Shortcut atau terkena virus Shortcut. Sebelum kita masuk ke cara mengatasinya, Aku akan bercerita kronologi kenapa Aku memutuskan untuk menulis artikel ini.
Isi flasdisk menjadi shortcut
Ilustrasi isi flasdisk yang menjadi shortcut
Ceritanya kita mulai dari tugas Presentasi seorang teman, dan kebetulan sekali teman ini menyimpan datanya di dalam flashdisk, namun ketika flashdisk tersebut di colokkan pada laptop yang akan digunakan untuk membuka file tugas presentasi, isi dari flashdisk tersebut tiba-tiba membentuk sebuah shortcut yang menyebabkan file tugas presentasi tidak dapat dibuka, dan tentu saja penyebab hal ini adalah virus atau malware, sontak teman yang akan melakukan presentasi mulai panik, Karena dia tidak membawa file backupnya, dan disaat yang bersamaan datanglah seorang pahlawan kesiangan Abduhm7 Man tapi yang namanya kesiangan tak akan bisa memberikan solusi yang cepat, Karena ketika Aku sedang dalam proses pengetikan perintah di cmd (Command Prompt) seorang teman yang lain datang membawa flashdisk yang berisi data yang sama dengan flashdisk yang isinya menjadi shortcut, dan tentunya pahlawan kesiangan tadi tidak lagi dibutuhkan.

Selang beberapa jam setelah kejadian, kebetulan saat itu kami sedang ngumpul di sebuah cafĂ©, lalu teman yang tadi flashdisknya kena virus shortcut bercerita kalau tadi siang saat belajar di labor ada seorang teman yang flashdisknya kena virus shortcut, dan didalam flashdisk tersebut berisi data-data kuliah dan tugas, namun tanpa pikir panjang dan dengan rasa berat hati flashdisk tersebut langsung di format oleh si empunya, padahal flashdisk tersebut masih bisa diperbaiki, bahkan bisa dikatakan sangat mudah untuk memperbaikinya.

Dari dua kasus diatas, Akupun berinisiatif untuk membagikan tutorial tentang Cara memperbaiki flashdisk yang isinya menjadi shortcut untuk sobat abduhm7.com, Harapanku dengan adanya artikel ini, sobat-sobat tidak lagi melakukan kesalahan seperti kasus yang Aku ceritakan di atas.

Ok.. Sekarang kita lanjut ke cara memperbaikinya.

Pertama sobat masuk ke Command Prompt (CMD) dengan cara menekan Windows + R secara bersamaan pada keyboard.
Tekan Windows + R
Tekan Windows + R  pada keyboard
Kemudian ketikkan "CMD" lalu tekan OK.
Ketikan CMD lalu tekan OK atau Enter.
Sobat akan di arahkan pada halaman Command Prompt (CMD).
Halaman CMD
Tampilan Halaman CMD
Sebelum kita lanjut ke tahap berikutnya sobat pastikan dulu letak flashdisk sobat ada drive mana, apakah di drive C, D, E, F, dan seterusnya.
Letak flasdisk ku berada di Drive F
Letak flasdisk ku berada di Drive F
Setelah mengetahui letak flashdisk sobat saatnya kita ketikkan printah di bawah ini ke halaman Command Prompt (CMD).
attrib -h -r -s /s /d f:*.*
Karena letak flashdisk-ku berada di drive f Jadi Aku ketik f:*.* jadi ganti huruf  f yang Aku tandai dengan warna merah pada kode diatas dengan letak flashdisk sobat.
attrib -h -r -s /s /d f:*.*
Ganti Huruf "F" sesuai dengan Letak flasdisk sobat.
Setelah sobat mengetikkan kode tersebut pada halaman CMD, silahkan sobat tekan ENTER pada keyboard. Maka hasilnya akan seperti ini.
Hasil setelah sobat tekan Enter pada keyboard.
Hasil setelah sobat tekan Enter pada keyboard.
 Setelah itu sobat cek flashdisk sobat, jika sobat mengikuti langkah diatas dengan benar, data sobat yang menjadi shortcut atau di hiden virus akan kembali.
Buka folder tanpa nama sob.
Buka folder tanpa nama sob.
Sekarang sobat buka folder yang tidak mempunyai nama seperti gambar di atas. Dan file sobat sudah kembali.

Sekian tutorial tentang Cara Mengatasi dan Mengembalikan isi Flashdisk menjadi Shortcut ataupun di Hiden Virus, Semoga membatu. Jika ada yang kurang jelas dari tutorial yang aku berikan, silahkan sobat tanyakan di kolom komentar.

"Seorang pembaca yang baik adalah Pembaca yang memberikan kritik dan saran yang membangun untuk penulis"

9 Komentar untuk "Cara Mengatasi dan Mengembalikan isi Flashdisk menjadi Shortcut"

  1. Terima kasih gan, Sangat bermanfaat. Akhirnya data tugas saya dapat diamankan.

    BalasHapus
  2. Akhirnya isi flashdiskku terselamatkan, Makasih kk. ;D

    BalasHapus
  3. Terima kasih kak. Udah panik banget tadi. Tapi Alhamdulillah datanya udah kembali.

    BalasHapus
  4. kalau setiap dicolok, gitu lagi gitu lagi gimana ya
    sudah ada antivirus padahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal ini terjadi karena Sistem Operasi (OS) yang terinstall pada laptop sobat sudah terjangkit virus atau malware. Hal ini juga pernah terjadi pada laptop yang aku gunakan, ketika itu aku menggunakan OS Windows 8.1. Solusi terbaik yang bisa sobat terapkan adalah dengan menginstal Software malwarebytes anti-malware (Silahkan sobat cari saja di google dengan kata kunci Download malwarebytes anti-malware terbaru). Semoga membatu sob. #Ditunggu kabar baiknya sob.

      Hapus

Tuliskan sesuatu Sob di kolom komentar ! ;D

Kontributor

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel